Jumat, 28 Oktober 2011

satu bulan di guyur hujan kec, kualuh leidong banjir

satu bulan di guyur hujan kec, kualuh leidong banjir 
masyarakat : kenapa kecamatan kualuh leidong di pinggir pantai ko "rawan banjir
labura ,bidik
   kec ,kualuh leidong kabupaten labuhan batu utara ,semenjak di guyur hujan selama sepekan mengakibatkan banjir ,dan melumpuhkan sarana jalan seperti penghubung jalan ke kabupeten ,juga ekonomi masyarakat yang umumnya betani ,kecamatan kualuh leiddong terletak di pinggir pantai berbatasan dengan selat malaka tetapi menjadi pertanyaan kenapa ya kecamatan kualuh leidong menjadi banjir walau di pinggir pantai.
     hal itu di katakan sebagian masyarakat yang ada di kecamatan kualuh leidong , di sisi lain banyak masyarakat yang mengalami kerugian misalnya mata pencariannya betani ,lahan pertaniaan banyak terendam ,misalnya di kelurahan tanjung leidong  dan juga di desa simandulang serta di desa pangkalan lunang .
   "di samping itu bagi petani yang pengahsilannya tergantung dari sawit , mengalami kerugian hal itu mengkibatkan harga sawit turun 50 rupiah dari harga 700/kg menjadi 650/kg ,selain itu  susahnya untuk mengeluarkan hasil tani harus di perlukan kendaraan air seperti sampan guna mengangkut hasil petani tersebut .
     "salah satu pemborong sawit yang bernama sebutanya gondorong mengatakan kerugiannya mencapai 1 malam 3 jutaan sebab susahnya menngeluarkan buah sawit untuk sampai ke PKS (pabrik kelapa sawit) yang ada di aeknopan ,untuk itu saya mengharapkan agar pihak pemerintah dapat menanggulangi masalah banjir ini ,
       salah seorang petani yang tinggal di derah kelurahan tanjung leidong dusun blok 2  bernama M.siregar mengatakan kepada media ini sawahnya terendam akibat di guyur hujan selama sepekan,sawah saya terendam sebanyak 6 Hektar , saya mengharapkan kepada pemerintah agar memberikan bantuanya melaui pembibitan ulang .
       ketika wartawan koran ini menghubungi kepala PPl (pemyeluhan pertanian ) kecamatan kualuh leidong  Sabda melalui VIA seluler  mengatankan keseluruhan lahan yang terendam bagian pertanian 1.520 Hektar ,dan keseluruhan lahan perkebunan sawit  yang ada 3000 hektar untuk kecamatan kualuh leidong ,melai sms singkatnya. (HBS)
  s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar